HIMPUNAN ALUMNI PRODI KEPERAWATAN

Ikatan Alumni Program Studi Ilmu Keperawatan (Ikaper) FIKES Unas dibentuk pada tanggal 31 Januari 2009 di Universitas Nasional, Jakarta Selatan. Setelah pendirian Ikaper FIKES Unas tersebut sekaligus dilanjutkan dengan acara keakraban dengan berpartisipasi dalam acara Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan FIKES Unas. Partisipasi alumni ini terbagi dalam dua kegiatan besar yaitu dalam bidang akademik dan non-akademik.

  1. Dalam bidang akademik, alumni berpartisipasi dalam bentuk:

Para Alumni Program Studi Ilmu Keperawatan turut memberikan kontribusi berupa pelatihan dengan menjadi pembicara untuk materi:

(1) Tim building,

(2) Komunikasi dan dinamika kelompok,

(3) Problem solving,

(4) Analisa SWOT,

(5) Dialog dengan alumni, dan

(6) Sharing informasi mengenai dunia kerja.

  1. Dalam bidang non-akademik, para alumni tersebut juga berpartisipasi dalam bentuk:

a) Keikutsertaan para alumni dalam acara bersama Himaper FIKES Unas dengan mengadakan olahraga bersama, misalnya bermain futsal dan badminton bersama antara para dosen, alumni, dan mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Unas.

b) Berbagi informasi hobi dan atau fans club olah raga alumni dan mahasiswa. Berbagi hobi bermain sepak bola dan badminton dengan berbagi pengetahuan terkini mengenai dunia sepak bola dunia dan badminton, serta

c) Alumni menyediakan fasilitas untuk mengadakan baksos dan olah raga bareng. Alumni Program Studi Ilmu Keperawatan FIKES Unas menyediakan fasilitas olah raga seperti bola sepak untuk olah raga sepak bola dan Perlengkapan Badminton.

  1. Hasil Kegiatan:

Hasil dari kegiatan para alumni yang tergabung dalam Ikaper Unas bersama mahasiswa ini adalah adanya:

a)    Komunikasi yang intens antar alumni, alumni dengan mahasiswa beserta almamaternya (jejaring alumni-mahasiswa) dengan menggunakan media berbasis internet/teknologi misalnya dengan jejaring sosial yang paling popular saat ini dengan masuk pada:

(1) Website FIKES Unas, yaitu: www.fikes.unas.ac.id dengan masuk pada menu Program Studi Ilmu Keperawatan. Pada sub-menu Program Studi Ilmu Keperawatan ini terdapat sub-sub menu Alumni. Dalam sub-sub menu ini tersedia berbagai informasi mengenai alumni, dan informasi bursa kerja yang diinformasikan oleh para alumni agar dapat diakses dengan sangat cepat dan terjalin komunikasi dua arah dari para alumni, para mahasiswa dan staf pengajar Program Studi Ilmu Keperawatan FIKES Unas.

(2)   Untuk memfasilitasi dalam forum informal maka dibuatlah Group “Ilmu Keperawatan Unas” di situs jejaring Facebook untuk lebih mengakrabkan interaksi antara alumni, mahasiwa, dan para dosen dalam forum yang lebih informal dengan tujuan untuk mengakrabkan satu sama lain.

(3)   Ikaper, Program Studi Ilmu Keperawatan FIKES Unas juga mewadahi tidak hanya dalam konteks keakraban, namun juga dalam forum akademik dan yang tertarik pada dunia akademik. Oleh karena itu, dibuatlah situs website http://laboramedika.unas.ac.id sehingga akan memudahkan bagi para alumni dengan jaringannnya untuk berkontribusi menulis pada jurnal ilmiah Labora Medika, Jurnal Ilmu Kesehatan.

b)    Hasil kegiatan berikutnya adalah adanya peningkatan soft skills bagi para mahasiswa ilmu keperawatan mulai dari, peningkatan integritas pribadi, komunikasi, kreatifitas, kemandirian, loyalitas, kerjasama tim, motivasi berkarir, kepemimpinan manajerial, dan kepekaan terhadap lingkungannya terutama yang terkait dengan kesehatan.

c)    Bagi pihak Program Studi Ilmu keperawatan , hal ini akan memudahkan penyediaan calon-calon alumni yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang sesuai dengan latar belakang pendidikan ilmu keperawatan dan memudahkan penyesuaian kurikulum Program Studi Ilmu Keperawatan yang berbasis link and match.

d)    Lebih jauh lagi, hal ini akan memperkuat keberlanjutan penyerapan alumni oleh pasar kerja di berbagai instansi dan menjamin kesinambungan penyerapan alumni tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *