Sasaran

Sasaran dan Strategi pencapaian.

 

 

No.

 

Sasaran

 

Strategi Pencapaian

 

Program kerja

 

Indikator Kinerja

Tahun Pelaksanaan
2018-2019 2019-2020 2020-2021 2021-2022 2022-2023
(1) (2) (3)   (4) (5) (6) (7) (8) (9)
 1. Peningkatan mutu lulusan sesuai kebutuhan pangsa pasar dalam negeri setiap tahun dan luar negeri pada tahun 2023.

 

 

Meningkatkan mutu calon mahasiswa baru Revisi panduan rekrutmen calon mahasiswa baru yang memprioritaskan jalur prestasi Tersusunnya panduan rekrutmen calon mahasiswa baru hasil revisi. 100%        
Diperolehnya mahasiswa baru dengan jalur prestasi 10% 15% 20% 25% 30%
Mengimplementasikan kurikulum yang berorientasi pada capaian pembelajaran Pelaksanaan peninjauan kurikulum tiap tiga tahun

 

 

Terlaksananya peninjauan kurikulum yang diperbaharui berdasarkan hasil evaluasi dan umpan balik dari stakeholder dan user.        
Penetapan kurikulum baru Adanya Surat Keputusan Dekan tentang penetapan kurikulum baru        
Pengembangan metode pembelajaran yang berorientasi pada student center learning (SCL) RPS yang menunjukkan penggunaan berbagai metode pembelajaran 80% 100% 100% 100% 100%
Tersedianya multi media untuk pembelajaran di seluruh ruang kelas dan laboratorium praktikum 80% 90% 100% 100% 100%
Pengembangan sarana laboratorium praktikum sesuai capaian pembelajaran Tersedianya sarana laboratorium praktikum modern sesuai capaian pembelajaran 40% 50% 60% 80% 100%
Pengembangan sarana perpustakaan FIKES yang menunjang kurikulum Adanya MoU FIKES UNAS dengan institusi lain yang memiliki Prodi Kebidanan 2

Mou

5

Mou

10 Mou 10 Mou 10 Mou
Tersedianya berbagai jurnal nasional dan internasional yang menunjang kurikulum
Meningkatkan kualitas bahan ajar Revisi bahan ajar tatap muka dan praktikum Adanya peningkatan mutu modul teori, praktikum dan power point 30% 50% 70% 100% 100%
Adanya e-learning dengan video pembelajaran pada aplikasi kuliah yang digunakan dalam blended learning 25% 50% 70% 90% 100%
Mengembangkan metode penilaian akademik dan praktik Pelatihan tentang metode penilaian untuk dosen Adanya materi pelatihan dan sertifikat peserta

 

3 dosen 3 dosen 3 dosen 3 dosen 3 dosen
Revisi instrumen penilaian praktikum dan praktik yang reliabel dan sesuai capaian pembelajaran Adanya instrumen penilaian praktikum dan praktik hasil revisi yang reliabel
Evaluasi instrumen penilaian Adanya hasil evaluasi dan umpan balik instruken penilaian praktukum dan praktik      
Meningkatkan kemampuan lulusan dalam berbahasa asing Pengembangan mata kuliah Bahasa asing sesuai hasil evaluasi pengguna lulusan dan kebutuhan luar negeri. Adanya revisi kurikulum untuk penambahan mata kuliah bahasa asing sesuai peminatan      
Adanya mata kuliah baru yaitu Bahasa Mandarin, Korea, Arab  
Meningkatkan mutu dosen pengampu Fasilitasi dosen tugas/ijin belajar ke jenjang S3 sesuai bidang keahlian Adanya tenaga dosen yang tugas/ijin belajar ke jenjang S3 linier/serumpun secara kontinu 3 dosen 3 dosen 3 dosen 3 dosen 3 dosen
Review ilmu dan keterampilan dosen sesuai bidang keahlian Secara kontinu dosen mengikuti pelatihan/workshop/TOT sesuai bidang keahlian 3 dosen 3 dosen 3 dosen 3 dosen 3 dosen
Peningkatan jabatan akademik Seluruh dosen memiliki jabatan akademik minimal lektor 25% 50% 75% 85% 100%
Fasilitasi untuk sertifikasi dosen Seluruh dosen telah tersertifikasi sebagai dosen nasional 40% 70% 100% 100% 100%
2 Peningkatan mutu jurnal/artikel ilmiah dosen dengan diperolehnya dana hibah dari dalam dan luar negeri setiap tahun. Meningkatkan jumlah publikasi jurnal nasional terakreditasi

 

Fasilitasi dosen untuk pelatihan/workshop publikasi jurnal nasional terakreditasi Seluruh dosen telah mengikuti pelatihan/workshop publikasi jurnal nasional terakreditasi 100% 100% 100% 100% 100%
  Pengajuan artikel jurnal ilmiah ke lembaga jurnal terakreditasi nasional Publikasi jurnal nasional terakreditasi 1

jurnal

2

jurnal

5

jurnal

5

jurnal

7

jurnal

Mengembangkan  publikasi jurnal ke tingkat internasional Pengajuan artikel jurnal ilmiah ke lembaga jurnal internasional minimal terideks DOAJ atau Scopus Q4

 

 

Publikasi jurnal internasional terindeks DOAJ atau Scopus 3

jurnal

5

jurnal

6

jurnal

6

jurnal

7

jurnal

3 Peningkatan mutu pengabdian kepada masyarakat dosen dengan diperolehnya dana hibah dari dalam dan luar negeri setiap tahun. Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada kesehatan ibu dan anak serta kesehatan reproduksi Penjajajan dan pembentukan Desa Binaan Diperolehnya rekomendasi dari Dinas Kesehatan Jakarta Selatan untuk Desa Binaan Prodi Kebidanan        
Penyusunan Tim dan Program Kerja Desa Binaan Adanya SK penetapan Tim dan Program Kerja Desa Binaaan oleh Dekan FIKES  

 

     
  Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Binaan secara berkesinambungan  
Pengusulan proposal kegiatan pengabdian kepada masyarakat ke Dikti untuk mendapatkan dana hibah Diperolehnya dana hibah kegiatan pengabdian kepada masyarakat. 0 1 1 2 2
4 Penguatan Prodi Kebidanan melalui pemanfaatan sarana prasarana FIKES dan pengembangan SDM Memberdayakan potensi SDM Penyusunan Tim dan proposal kewirausahaan Prodi Kebidanan Adanya SK penetapan Tim Kewirausahaan Prodi Kebidanan oleh Dekan FIKES        
Penjajakan kebutuhan masyarakat sekitar kampus yang terkait ibu dan anak dan merealisasikannya. Terdeteksi kebutuhan masyarakat sekitar akan sarana penitipan anak, perawatan pijat bayi dan baby Spa.        
Tersedianya tempat penitipan anak secara profesional        
Terlaksananya pelatihan pijat bayi dan baby Spa secara kontinu