You are currently viewing Fokus Rancang RPS OBE, FIKES UNAS Gelar Rapat Kerja 2024

Fokus Rancang RPS OBE, FIKES UNAS Gelar Rapat Kerja 2024

Jakarta (UNAS) – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional (UNAS) kembali menggelar Rapat Kerja 2024 guna penyusunan rencana strategis dan rencana operasional fakultas dan prodi 2024 – 2025. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari di Ruang Seminar Lantai 3, Menara UNAS 1, 13-16 Mei 2024.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 dan diawali dengan Registrasi, lalu dilanjut dengan Pembukaan, Pembacaan doa, Menyanyikan Lagu Wajib Nasional Indonesia Raya dan Mars UNAS, serta Sambutan dan Pembukaan Acara oleh Dekan FIKES, Prof. Dr. Dra. Retno Widowati, M.Si., foto bersama, penyampaian review dan contoh RPS OBE, dan pengerjaan RPS OBE.

Dalam sambutannya, Dekan FIKES UNAS, Prof. Dr. Dra. Retno Widowati, M.Si., menyampaikan bahwa rapat kerja ini merupakan momen penting bagi kita semua untuk mengevaluasi pencapaian yang telah diraih bersama, menyusun rencana kerja yang konkret untuk tahun yang akan datang.

“Dalam rapat kerja ini saya yakin dengan kolaborasi yang solid, kerja keras dan semangat yang kita miliki dapat membawa FIKES UNAS ke arah yang lebih baik lagi,” tutur Prof. Dr. Dra. Retno Widowati, M.Si.,

Kemudian, kegiatan ini bertujuan untuk menjadi fakultas sains swasta berkelas di Indonesia yang profesional dan unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian secara kompetitif dan global dalam tahun 2025.

“Tentunya dalam Rapat Kerja ini yang digelar rutin setiap tahunnya kami memiliki sistem nilai yang baik yaitu fokus, integritas, kreatif, empati dan jujur,” ucap Prof. Dr. Dra. Retno Widowati, M.Si.,.

Retno melanjutkan, rapat kerja 2024 ini fokus pada Renstra 2025 – 2030, Payung dan Roadmap penelitian, dan RPS OBE (Outcome Based Education). Penyampaian review dan contoh RPS OBE dijelaskan langsung oleh Dr. Bdn.Vivi Silawati, SST, MKM.

Dalam penyampaian review dan contoh RPS OBE, Dr. Bdn.Vivi Silawati, SST, MKM. mengatakan output Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis OBE merupakan upaya penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di FIKES.

Maka dari itu, menekankan pentingnya OBE sebagai pendekatan yang menitikberatkan pada capaian pembelajaran mahasiswa. “Tujuan utama kita adalah memastikan bahwa setiap lulusan memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Vivi menegaskan bahwa RPS berbasis OBE harus dirancang untuk mencapai hasil pembelajaran yang spesifik, terukur dan relevan dengan kebutuhan. Ia berharap, dalam kegiatan rapat kerja ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, perbaikan kurikulum, peningkatan kesejahteraan Dosen dan Staf, Kolaborasi dan Riset serta memperkuat hubungan antar anggota fakultas, meningkatkan kolaborasi dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif.

Kegiatan dilanjutkan pada hari ketiga dan keempat di Pesona Alam Resort and Spa dengan agenda memaparkan hasil RPS OBE dan roadmap baik Prodi dan Dosen. Selanjutnya para dosen melakukan Team Building dan hiking ke Curug Cilember untuk meningkatkan kepercayaan tim dan produktifitas nantinya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.