Setetes darah menyelamatkan sejuta jiwa, HIMAKEP laksanakan Bulan Sehat dan Donor Darah Sukarela

Jakarta, Himpunan Mahasiswa Keperawatan Kembali Melakukan Pengabdian Masyarakat Kegiatan Bulan Sehat dan Pelaksanaan Donor Darah.

Bersama Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI), Mahasiswa Keperawatan Fikes UNAS ikut berpartisipasi dalam program turunan dari organisasi tersebut, terkait pelaksanaan kegiatan Bulan Sehat Ilmiki (BSI) dan Donor Darah Sukarela (DORAS) sebagai wujud sarana penyaluran ilmu dan silaturahmi dengan mahasiswa keperawatan dan juga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia secara umum.

Acara ini terdiri dari 2 rangkaian kegiatan yaitu pada Hari Minggu, 28 Maret 2021 dilaksanakan pengabdian masyarakat terkait Kampung binaan di Lingkungan RT 05/RW 02, Jati Padang, Pasar Minggu. Mahasiswa Keperawatan Unas melakukan Pendidikan Kesehatan “Manfaat Sarapan Pagi” kepada anak-anak usia sekolah (6-12 tahun) sebanyak 20 orang di lingkungan tersebut. “Agar anak-anak usia sekolah ini dapat mengetahui kesehatan yang baik khususnya terkait konsumsi makanan sehat” tutur Wiwin Windasari. Pemberian penyuluhan tersebut dibagi kedalam dua kelas untuk mengikuti protokol kesehatan.

“Kampung binaan ini dilaksanakan sebulan sekali mulai dari bulan Maret hingga Juni 2021  oleh mahasiswa keperawatan dengan tujuan peningkatan derajat kesehatan masyarakat di daerah tersebut” jelas Ketua Pelaksana Kampung Binaan, Imas Gandasari.

Kegitan kedua yaitu kegiatan donor darah bekerjama dengan pihak PMI Jakarta Selatan yang diikuti oleh 47 orang yang berasal dari Mahasiswa dan masyarakat yang bersedia mendonorkan darah. Kegiatan ini dilaksanakan di Medical center PMI Jakarta Selatan pada Hari Sabtu, 10 April 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.