— FIKES UNAS —
Strategi Pencapaian
Strategi Pencapaian terwujudnya proses pendidikan ilmu-ilmu Kesehatan dengan mengacu kepada Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia hingga menghasilkan lulusan yang professional, unggul dan berdaya saing nasional dan berwawasan global:
No | Tahun | 2021-2022 | 2022-2023 | 2023 -2024 | 2024 – 2025 |
---|---|---|---|---|---|
1 | Melaksanakan workshop kurikukulum KKNI yang melibatkan pihak eksternal dan internal. Pihak pemangku kepentingan yang dilibatkan sebagai narasumberdan peserta workshop adalah Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Ners Indonesia (AIPNI), Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kebidanan Indonesia (AIPKIND), Pengguna, Mitra Kerjasama, Alumni, Pimpinan Fakultas dan Program Studi, Dosen, Tenaga Kependidikan, Kepala Unit yang berkaitan dengan akademik, dan lain-lain yang dianggap perlu | √ | |||
2 | Lokakarya penyusunan kurikulum program studi sesuai dengan visi keilmuan program studi | √ | |||
3 | Melengkapi Kurikulum Pendidikan Ners Indonesia (KPNI) dan Kurikulum Pendidikan Bidan FIKES UNAS dengan adanya Portofolio Kurikulum, Kelengkapan Referensi pendukung seperti buku ajar, modul, penuntun praktikum, dan lain-lain yang dianggap perlu | √ | √ | √ | √ |
4 | Terbit SK Rektor UNAS tentang Pemberlakuan Kurikulum Pendidikan Ners Indonesia (KPNI) dan Kurikulum Pendidikan Bidan FIKES UNAS | √ | |||
5 | Meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan capaian pembelajaran lulusan | √ | √ | √ | √ |
Strategi pencapaian terselenggaranya kegiatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan riset inovatif di bidang ilmu-ilmu kesehatan dan mewujudkan pelayanan Kesehatan berbasis evidence based
No | Tahun | 2021-2022 | 2022-2023 | 2023 -2024 | 2024 – 2025 |
---|---|---|---|---|---|
1 | Menyusun Rencana Strategi Penelitian FIKES UNAS mengacu kepada Rencana Strategi Penelitian UNAS; | √ | √ | ||
2 | Menyepakati dan menetapkan payungpenelitian dan peta jalan (road map) penelitian sesuai dengan visi keilmuan program studi; | √ | √ | ||
3 | Membuat kelompok riset dosen sesuai dengan bidang keahliannya; | √ | √ | √ | √ |
4 | Mendorong semua dosen dan mahasiswa melaksanakan penelitian sesuai dengan payung penelitian dan peta jalan yang telah ditetapkan FIKES UNAS | √ | √ | √ | √ |
5 | Menyediakan sarana prasarana penelitian sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan institusi; | √ | √ | √ | √ |
6 | Memberi hibah stimulus dan kompetitif penelitian melalui program hibah penelitian UNAS; | √ | √ | √ | √ |
7 | Memfasilitasi dosen untuk memperoleh hibah penelitian eksternal | √ | √ | √ | √ |
Strategi pencapaian terselenggaranya kegiatan dan pengembangan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu-ilmu kesehatan untuk mewujudkan masyarakat sehat di berbagai rentang kehidupannya:
No | Tahun | 2021-2022 | 2022-2023 | 2023 -2024 | 2024 – 2025 |
---|---|---|---|---|---|
1 | Menyusun Rencana Strategi Pengabdian Kepada Masyarakat FIKES UNAS mengacu kepada Rencana Strategi Pengabdian Kepada Masyarakat UNAS; | √ | √ | ||
2 | Menyepakati dan menetapkan Payung Pengabdian Kepada Masyarakat dan peta jalan (road map) Pengabdian Kepada Masyarakat sesuai dengan visi keilmuan program studi; | √ | √ | √ | √ |
3 | Membuat kelompok pengabdian kepada masyarakat dosen sesuai dengan bidang keahliannya; | √ | √ | √ | √ |
4 | Mendorong semua dosen melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan mengajak serta mahasiswa melaksanakan penelitian sesuai dengan payung penelitian dan peta jalan yang telah ditetapkan FIKES UNAS | √ | √ | √ | √ |
5 | Menyediakan sarana prasarana pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan institusi | √ | √ | √ | √ |
6 | Memberi hibah stimulus pengabdian kepada masyarakat melalui program hibah penelitian UNAS | √ | √ | √ | √ |
7 | Memfasilitasi dosen untuk memperoleh hibah pengabdian kepada masyarakat eksternal | √ | √ | √ | √ |
Strategi pencapaian terpublikasinya berbagai hasil riset inovatif dan hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat bidang ilmu-ilmu Kesehatan yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa
No | Tahun | 2021-2022 | 2022-2023 | 2023 -2024 | 2024 – 2025 |
---|---|---|---|---|---|
1 | (1) Menetapkan target publikasi sebagai outcome base education dalam capaian kurikulum program studi | √ | √ | ||
2 | (2) Publikasi dilakukan oleh dosen dan mahasiswa | √ | √ | √ | √ |
3 | (3) Membuat SK Dekan tentang Sidang Verifikasi Paper Bagi Mahasiswa sebagai salah satu bentuk sidang karya tulis akhir di samping Sidang Skripsi, KIAN, KIAB; | √ | |||
4 | (4) Memberi kemudahan kepada mahasiswa untuk publikasi paper ilmiah pada suatu jurnal atau prosiding dengan fasilitas informasi pendukung dan bantuan dana publikasi melalui dosen pembimbing | √ | √ | √ | √ |
5 | (5) Memberikan insentif publikasi paper di jurnal atau prosiding terindeks bagi dosen yang telah terbit sesuai dengan ketentuan UNAS yang berlaku | √ | √ | √ | √ |
Strategi Pencapaian terselenggaranya Kerjasama dengan berbagai institusi nasional dan internasional untuk memperkuat jati diri Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional
No | Tahun | 2021-2022 | 2022-2023 | 2023 -2024 | 2024 – 2025 |
---|---|---|---|---|---|
1 | (1) Menerbitkan kebijakan Tentang Kerjasama berupa SK Dekan Tentang Pedoman Kerjasama dengan mengacu kepada Kebijakan Kerjasama di UNAS | √ | |||
2 | (2) Mengembangkan jaringan Kerjasama di tingkat nasional dan internasional dengan berbagai institusi pendidikan, institusi bidang kesehatan, institusi pengguna lulusan; institusi yang dapat mendukung tridharma perguruan tinggi, dan institusi lainnya yang mendukung program-program pengembangan FIKES UNAS | √ | √ | √ | √ |
3 | (3) Menetapkan target kuantitas dan kualitas Kerjasama berdasarkan pelaksanaan Kerjasama yang nyata | √ | √ | √ | √ |
1) Strategi Pencapaian terwujudnya proses pendidikan ilmu-ilmu Kesehatan dengan mengacu kepada Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia hingga menghasilkan lulusan yangprofessional, unggul dan berdaya saing nasional dan berwawasan global: |
|||||
Tahun | 2021-2022 | 2022-2023 | 2023 -2024 | 2024 – 2025 | |
(1) Melaksanakan workshop kurikukulum KKNI yang melibatkan pihak eksternal dan internal. Pihak pemangku kepentingan yang dilibatkan sebagai narasumberdan peserta workshop adalah Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Ners Indonesia (AIPNI), Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kebidanan Indonesia (AIPKIND), Pengguna, Mitra Kerjasama, Alumni, Pimpinan Fakultas dan Program Studi, Dosen, Tenaga Kependidikan, Kepala Unit yang berkaitan dengan akademik, dan lain-lain yang dianggap perlu |
√ | ||||
(2) Lokakarya penyusunan kurikulum program studi sesuai dengan visi keilmuan program studi |
√ | ||||
(3) Melengkapi Kurikulum Pendidikan Ners Indonesia (KPNI) dan Kurikulum Pendidikan Bidan FIKES UNAS dengan adanya Portofolio Kurikulum, Kelengkapan Referensi pendukung seperti buku ajar, modul, penuntun praktikum, dan lain-lain yang dianggap perlu |
√ | √ | √ | √ | |
(4) Terbit SK Rektor UNAS tentang Pemberlakuan Kurikulum Pendidikan Ners Indonesia (KPNI) dan Kurikulum Pendidikan Bidan FIKES UNAS |
√ | ||||
(5) Meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan capaian pembelajaran lulusan |
√ | √ | √ | √ | |
2) Strategi Pencapaian terselenggaranya kegiatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan riset inovatif di bidang ilmu-ilmu kesehatan dan mewujudkan pelayanan Kesehatan berbasis evidence based | |||||
Tahun | 2021-2022 | 2022-2023 | 2023 -2024 | 2024 – 2025 | |
(1) Menyusun Rencana Strategi Penelitian FIKES UNAS mengacu kepada Rencana Strategi Penelitian UNAS; |
√ | √ | |||
(2) Menyepakati dan menetapkan payungpenelitian dan peta jalan (road map) penelitian sesuai dengan visi keilmuan program studi; |
√ | √ | |||
(3) Membuat kelompok riset dosen sesuai dengan bidang keahliannya; |
√ | √ | √ | √ | |
(4) Mendorong semua dosen dan mahasiswa melaksanakan penelitian sesuai dengan payung penelitian dan peta jalan yang telah ditetapkan FIKES UNAS |
√ | √ | √ | √ | |
(5) Menyediakan sarana prasarana penelitian sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan institusi; |
√ | √ | √ | √ | |
6) Memberi hibah stimulus dan kompetitif penelitian melalui program hibah penelitian UNAS; |
√ | √ | √ | √ | |
(7) Memfasilitasi dosen untuk memperoleh hibah penelitian eksternal |
√ | √ | √ | √ | |
3) Strategi Pencapaian terselenggaranya kegiatan dan pengembangan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu-ilmu kesehatan untuk mewujudkan masyarakat sehat di berbagai rentang kehidupannya: |
|||||
Tahun | 2021-2022 | 2022-2023 | 2023 -2024 | 2024 – 2025 | |
(1) Menyusun Rencana Strategi Pengabdian Kepada Masyarakat FIKES UNAS mengacu kepada Rencana Strategi Pengabdian Kepada Masyarakat UNAS; |
√ | √ | |||
(2) Menyepakati dan menetapkan Payung Pengabdian Kepada Masyarakat dan peta jalan (road map) Pengabdian Kepada Masyarakat sesuai dengan visi keilmuan program studi; |
√ | √ | √ | √ | |
(3) Membuat kelompok pengabdian kepada masyarakat dosen sesuai dengan bidang keahliannya; |
√ | √ | √ | √ | |
(4) Mendorong semua dosen melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan mengajak serta mahasiswa melaksanakan penelitian sesuai dengan payung penelitian dan peta jalan yang telah ditetapkan FIKES UNAS |
√ | √ | √ | √ | |
(5) Menyediakan sarana prasarana pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan institusi |
√ | √ | √ | √ | |
(6) Memberi hibah stimulus pengabdian kepada masyarakat melalui program hibah penelitian UNAS |
√ | √ | √ | √ | |
(7) Memfasilitasi dosen untuk memperoleh hibah pengabdian kepada masyarakat eksternal |
√ | √ | √ | √ | |
4) Strategi Pencapaian terpublikasinya berbagai hasil riset inovatif dan hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat bidang ilmu-ilmu Kesehatan yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa |
|||||
Tahun | 2021-2022 | 2022-2023 | 2023 -2024 | 2024 – 2025 | |
(1) Menetapkan target publikasi sebagai outcome base education dalam capaian kurikulum program studi |
√ | √ | |||
(2) Publikasi dilakukan oleh dosen dan mahasiswa |
√ | √ | √ | √ | |
(3) Membuat SK Dekan tentang Sidang Verifikasi Paper Bagi Mahasiswa sebagai salah satu bentuk sidang karya tulis akhir di samping Sidang Skripsi, KIAN, KIAB; |
√ | ||||
(4) Memberi kemudahan kepada mahasiswa untuk publikasi paper ilmiah pada suatu jurnal atau prosiding dengan fasilitas informasi pendukung dan bantuan dana publikasi melalui dosen pembimbing |
√ | √ | √ | √ | |
(5) Memberikan insentif publikasi paper di jurnal atau prosiding terindeks bagi dosen yang telah terbit sesuai dengan ketentuan UNAS yang berlaku |
√ | √ | √ | √ | |
5) Strategi Pencapaian terselenggaranya Kerjasama dengan berbagai institusi nasional dan internasional untuk memperkuat jati diri Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional |
|||||
Tahun | 2021-2022 | 2022-2023 | 2023 -2024 | 2024 – 2025 | |
(1) Menerbitkan kebijakan Tentang Kerjasama berupa SK Dekan Tentang Pedoman Kerjasama dengan mengacu kepada Kebijakan Kerjasama di UNAS |
√ | ||||
(2) Mengembangkan jaringan Kerjasama di tingkat nasional dan internasional dengan berbagai institusi pendidikan, institusi bidang kesehatan, institusi pengguna lulusan; institusi yang dapat mendukung tridharma perguruan tinggi, dan institusi lainnya yang mendukung program-program pengembangan FIKES UNAS |
√ | √ | √ | √ | |
(3) Menetapkan target kuantitas dan kualitas Kerjasama berdasarkan pelaksanaan Kerjasama yang nyata |
√ | √ | √ | √ | |
This Post Has One Comment
Comments are closed.
Excellent blog here! Also your web site loads up fast!
What web host are you using? Can I get your affiliate link to your
host? I wish my website loaded up as fast as yours lol