Jakarta (Universitas Nasional) – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional (FIKES UNAS) kembali menunjukkan komitmennya dalam peningkatan kapasitas riset dosen dengan menyelenggarakan Pelatihan Systematic Review dan Meta-Analysis pada tanggal 20 dan 22 Mei 2025. Kegiatan ini berlangsung secara luring di kampus Universitas Nasional dan diikuti oleh dosen dari berbagai program studi di lingkungan FIKES UNAS.
Pelatihan ini menghadirkan narasumber ahli, Mega Hasanul Huda, MARS, M.Kep., Sp.Kep.A., Ph.D, seorang akademisi dan peneliti berpengalaman dalam bidang keperawatan anak dan metodologi penelitian berbasis bukti. Beliau merupakan lulusan Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS) dan Magister Keperawatan (M.Kep), serta menyelesaikan pendidikan Spesialis Keperawatan Anak (Sp.Kep.A). Gelar doktor (Ph.D) diperolehnya dari institusi ternama di luar negeri dengan fokus penelitian pada evidence-based practice dan analisis kuantitatif dalam keperawatan anak.

Materi pelatihan disusun secara komprehensif dan aplikatif untuk mendukung para dosen dalam menyusun publikasi ilmiah berkualitas tinggi, terutama dalam bentuk systematic review dan meta-analysis. Adapun topik yang dibahas meliputi: Pengantar dan overview Systematic Review, Formulasi pertanyaan penelitian dan pendekatan PICO (Population, Intervention, Comparison, Outcome), Penetapan kriteria inklusi dan eksklusi, Strategi pencarian literatur ilmiah (search strategy), Registrasi protokol penelitian di PROSPERO, Pengantar Randomized Controlled Trial (RCT), Penilaian kualitas studi (quality assessment), Teknik ekstraksi data penelitian.
Melalui pelatihan ini, FIKES UNAS berharap dosen dapat meningkatkan keterampilan metodologis dalam penelitian dan memperkuat kontribusi akademik melalui publikasi berbasis evidence-based research yang berdaya saing nasional maupun internasional. Kegiatan ini merupakan bagian dari strategi berkelanjutan FIKES UNAS dalam mendukung terciptanya budaya akademik yang kuat dan berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan serta riset di bidang ilmu kesehatan. (DA)
