Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran dan Strategi pencapaian Visi, Misi, Tujuan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional mengacu kepada Rencana   Strategis  dan Rencana Operasional Fakultas Ilmu Kesehatan 2013 – 2018

 

 

No.

 

Sasaran strategis

 

Program strategis

 

Indikator kinerja

Tahun pelaksanaan
2013-2014 2014-2015 2015-2016 2016-2017 2017-2018
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
  A. Pengembangan pendidikan
1. Meningkatnya relevansi kurikulum terhadap kebutuhan dan tuntutan stakeholders serta perkembangan ilmu kesehatan Pelaksanaan evaluasi kurikulum Terlaksananya evaluasi minimal setahun sekali

 

1 x 1 x 1 x 1 x 1 x
Penyusunan kurikulum berbasis Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI)

 

Tersusunnya kurikulum berbasis KKNI

 

25% 75% 100%    
Diterapkannya kurikulum berbasis KKNI        

50%

 

100%

2. Meningkatnya efektivitas, efisiensi dan produktivitas proses pembelajaran dan pengelolaan pendidikan

 

Pengembangan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) Fasilitas teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran meningkat 20% per tahun 20% 40% 60% 80% 100%
    Pengembangan bahan ajar yang bermutu oleh dosen Tersusunnya buku ajar minimal 2  setiap tahun

 

    2 2 2
Pelaksanaan evaluasi kebijakan dan aktivitas akademik secara berkelanjutan

 

Evaluasi dilaksanakan setiap semester  2 x 2 x 2 x 2 x 2 x
Pengembangan berbagai metode penjaringan mahasiswa baru Pembaharuan laman fikes.unas.ac.id dilakukan minimal tiap semester

 

2 x  2 x 2 x 2 x 2 x
Terlaksananya seminar dan /atau pameran pendidikan minimal sekali setahun

 

1 x 1 x 1 x 1 x 1 x
Jumlah mahasiswa baru meningkat minimal 10%

 

>

+10%

>

+10%

>

+10%

>

+10%

>

+10%

3. Meningkatnya atmosfer akademik Pengembangan metode pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student centered learning)

 

Dosen yang menerapkan “student centered learning” meningkat minimal 20% setiap tahun 20% 40% 60% 80% 100%
    Mewajibkan dosen memberi tugas kepada mahasiswa untuk setiap matakuliah Mahasiswa peserta setiap matakuliah minimal diberi 2 tugas dan minimal 1 tugas  dipresentasi-kan

 

20% 40% 60% 80% 100%  
Penyelarasan kegiatan ekstrakurikuler dengan kegiatan akademik Keselarasan program ekstra kurikuler dan intra kurikuler meningkat setiap tahun

 

>60% >70% >80% >90% 100%  
Peningkatan pembimbing untuk setiap kegiatan ekstrakurikuler

 

>60% >70% >80% >90% 100%  
4. Meningkatnya kualitas lulusan yang berkompeten, professional dan memiliki jiwa empati Peningkatan kualitas proses belajar-mengajar

 

Lulusan dengan IPK > 3,00 meningkat setiap tahun

 

>55% >60% >65% >70% >75%

 

 
Masa tunggu lulusan 0-1 tahun, terus bertambah

 

>80% >82% >84% >86% >88%  
Meningkatnya kesesuaian bidang studi dan pekerjaan

 

>90% >90% >90% >90% >90%  

 

 

 

No.

 

Sasaran strategis

 

Program strategis

 

Indikator kinerja

Tahun pelaksanaan
2013-2014 2014-2015 2015-2016 2016-2017 2017-2018
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
  B.  Pengembangan sumber daya manusia
1. Meningkatnya kualitas dosen Memfasilitasi studi lanjut dosen Dosen studi lanjut S3 minimal 1 orang per tahun

 

1 1 1 1 1  
Memfasilitasi pengurusan kepangkatan dosen Kepangkatan dosen meningkat minimal 10% setiap tahun

 

>10% >10% >10% >10% >10%  
Pengembangan seminar dan diskusi internal dosen Terlaksananya kegiatan seminar dosen, minimal sekali per semester

 

1 x 1 x 1 x 1 x 2 x  
(1)     Peningkatan keikutsertaan dosen untuk seminar / workshop / pelatihan Terlaksananya pengiriman dosen mengikuti kegiatan ilmiah, ≥ 3 orang setiap tahun

 

 

100% 100% 100% 100% 100%  
2. Meningkatnya kualitas tenaga kependidikan Peningkatan keikutsertaan tenaga kependidikan mengikuti workshop dan pelatihan Terlaksananya tenaga kependidikan mengikuti workshop dan/atau pelatihan minimal 1 kali per tahun

 

1 x 1 x 1 x 1 x 1 x  

 

 

 

 

No.

 

Sasaran strategis

 

Program strategis

 

Indikator kinerja

Tahun pelaksanaan
2013-2014 2014-2015 2015-2016 2016-2017 2017-2018
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
  C.  Pengembangan manajemen internal dan organisasi
1. Meningkatnya mutu sistem informasi manajemen internal dan keorganisasian Pengembangan sistem informasi manajemen internal dan mekanisme keorganisasian Deskripsi kerja semua unit selesai disusun

 

70% 80% 90% 100% 100%  
Instruksi Kerja setiap program kegiatan selesai disusun

 

70% 80% 90% 100% 100%  
Instruksi Kerja setiap program kegiatan diterapkan

 

60% 70% 80% 90% 100%  
2. Terwujudnya sistem penjaminan mutu secara terintegrasi dan berkelanjutan Pengembangan sistem penjaminan mutu secara terintegrasi

dan berkelanjutan

Dokumen penjaminan mutu selesai disusun

 

70% 80% 90% 100% 100%  
Sistem penjaminan mutu diterapkan

 

20% 40% 60% 80% 100%  

 

 

No.

 

Sasaran strategis

 

Program strategis

 

Indikator kinerja

Tahun pelaksanaan  
2013-2014 2014-2015 2015-2016 2016-2017 2017-2018  
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)  
  D.  Pengembangan sarana pendukung
1. Meningkatnya fasilitas teknologi informasi dan komunikasi untuk kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat

 

Pengembangan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi (TIK)  yang dapat dimanfaatkan dosen dan mahasiswa Ruang kuliah sudah dilengkapi dengan perangkat TIK 100% 100% 100% 100% 100%
Laboratorium sudah dilengkapi dengan perangkat TIK 100% 100% 100% 100% 100%
2, Meningkatnya fasilitas perpustakaan  untuk dosen dan mahasiswa Pengembangan fasilitas perpustakaan Tersedianya buku rujukan setiap mata kuliah 20% 40% 60% 80% 100%
Pengembangan variasi jurnal di perpustakaan Tersedianya berbagai jurnal, termasuk softcopy 5 10 15 20 25
3. Meningkatnya kuantitas dan kualitas peralatan Laboratorium untuk kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat Pengembangan peralatan Laboratorium Bertambahnya jumlah peralatan Lab minimal 1 setahun 1 2 3 4 5
Pengembangan kualitas peralatan Laboratorium Tersedianya peralatan yang memenuhi standard Laboratorium pendidikan yang baik 60%

 

 

 

 

 

70%

 

 

 

 

 

80%

 

 

 

 

 

90%

 

 

 

 

 

100%

 

 

 

 

 

Pengembangan metode yang dapat diajukan untuk diakreditasi Metode yang dikembangkan terakreditasi 1 per tahun mulai 2017

 

      1 1

 

 

No.

 

Sasaran strategis

 

Program strategis

 

Indikator kinerja

Tahun pelaksanaan
2013-2014 2014-2015 2015-2016 2016-2017 2017-2018
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
E.  Pengembangan kegiatan kemahasiswaan dan alumni  
1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Meningkatnya Kuantitas dan kualitas kegiatan intrakurikuler

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Meningkatnya kuantitas dan kualitas kegiatan ektrakurikuler

Pengembangan kegiatan praktik klinik mahasiswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengembangan kegiatan senat mahasiswa Kunjungan Ilmiah,

Terlaksananya kegiatan praktik klinik di Lahan (rumah sakit, tempat penitipan anak, panti jompo, dll) 1x 1x 1x 1x 1x  
Setiap kompetensi praktik dibimbing oleh dosen pengampu mata kuliah 60% 70% 80% 90% 100%  
Adanya laporan capaian kompetensi dalam setiap mata kuliah praktik 60% 70% 80% 90% 100%  
Terlaksananya kegiatan pelatihan dan penelitian bagi mahasiswa minimal 2 kali setahun yang dibina oleh dosen 2x 2x 2x 2x 2x  
Setiap bidang dalam suatu kegiatan dibimbing oleh dosen 60% 70% 80% 90% 100%  
Adanya laporan  untuk setiap kegiatan

 

60% 70% 80% 90% 100%  
Pengembangan kuantitas kegiatan pelatihan / diskusi / seminar mahasiswa Terlaksananya kegiatan antar mahasiswa minimal sekali setahun 1x 1x 1x 1x 1x  
Minimal 5 mahasiswa per tahun mengikuti kegiatan keilmuan di luar kampus

 

1x 1x 1x 1x 1x  
2. Meningkatnya peran alumni dalam kegiatan ilmiah dan pengembangan Fakultas Pengembangan kegiatan kuliah umum dan kegiatan ilmiah lainnya dengan melibatkan alumni sebagai pembicara

 

Terlaksananya kegiatan ilmiah, alumni sebagai pembicara, minimal sekali setahun

 

1x 1x 1x 1x 1x  
Pengembangan kegiatan ilmiah bersama-sama dengan alumni Terlaksananya kegiatan ilmiah bersama alumni, minimal sekali setahun

 

1x 1x 1x 1x 1x  
Pengembangan peran alumni dalam pendanaan kegiatan Alumni mendanai kegiatan minimal sekali setahun

 

1x 1x 1x 1x 1x  
3. Meningkatnya kegiatan non-ilmiah dengan alumni untuk mempererat persaudaraan Mengembangkan temu alumni, bekerjasama dengan Perkumpulan Alumni Temu alumni, minimal sekali dalam dua tahun

 

1x   1x   1x  
Meningkatkan frekuensi pelibatan mahasiswa dalam temu alumni

 

25% 50% 75% 100% 100%  
Pengembangan data base Pendataan alumni

 

25% 50% 75% 100% 100%  
Tersedianya data base alumni

 

    25% 50% 75%  

 

No. Sasaran strategis Program strategis Indikator kinerja Tahun pelaksanaan
2013-2014 2014-2015 2015-2016 2016-2017 2017-2018
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
  F.  Pengembangan penelitian dan pengabdian pada masyarakat
1. Meningkatnya kuantitas dan kualitas kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat oleh dosen dan/atau mahasiswa Pengembangan kegiatan penelitian Kegiatan penelitian setiap dosen terlaksana minimal sekali setahun

 

1 x 1 x 1 x 1 x 1 x
Perolehan jumlah penelitian dosen yang dibiayai oleh hibah Kemenristekdiksi minimal  satu penelitian setiap tahun     1 x 1 x 1 x
Pengembangan pengabdian pada masyarakat Kegiatan pengabdian pada masyarakat setiap dosen terlaksana minimal sekali setahun

 

1 x 1 x 1 x 1 x 1 x
  Perolehan jumlah pengabdian pada masyarakat dosen yang dibiayai oleh hibah Kemenristekdiksi minimal  satu penelitian setiap tahun     1 x 1 x 1 x
Pengembangan kerjasama penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan berbagai institusi

 

Terlaksananya penelitian dan pengabdian pada masyarakat, minimal sekali setahun dengan institusi terkait 1 x 1 x 1 x 1 x 1 x
Pengembangan Program Kreativitas Mahasiswa dari Kemenrisekdikti Diperolehnya dana hibah Program Kreativitas Mahasiswa 1 x 1 x 1 x 1 x 1 x
2. Meningkatnya disseminasi hasil penelitian kepada masyarakat, dan publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa. Pengembangan publikasi dosen ke berbagai jurnal ilmiah nasional Terbitnya publikasi semua dosen dosen di jurnal ilmiah nasional minimal satu kali per tahun

 

50% 70 % 90 % 100% 100%
Pengembangan publikasi dosen ke berbagai jurnal ilmiah nasional terakreditasi Terbitnya publikasi dosen di jurnal ilmiah nasional terakreditasi

minimal 3 makalah per tahun

 

3 x 3 x 3 x 3 x 3 x
Pengembangan publikasi dosen ke berbagai jurnal ilmiah internasional Terbitnya publikasi dosen di jurnal ilmiah, minimal 2 makalah per tahun

 

2 x 2 x 2 x 2 x 2 x
Pengembangan publikasi mahasiswa ke berbagai jurnal ilmiah Terbitnya publikasi ilmiah mahasiswa minimal 1 per tahun

 

1 1 1 1 1
Pengembangan jurnal ilmiah ilmu kesehatan Persiapan jurnal ilmiah ilmu kesehatan dalam bentuk e-journal

 

      25% 50%

 

 

 

 

No.

 

Sasaran strategis

 

Program strategis

 

Indikator kinerja

Tahun pelaksanaan  
2013-2014 2014-2015 2015-2016 2016-2017 2017-2018  
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)  
  G.  Pengembangan kerja sama

 

  Meningkatnya kuantitas dan kualitas kegiatan kerjasama dengan institusi yang sudah terbina selama ini Evaluasi kegiatan kerjasama dengan institusi yang sudah terbina Terlaksananya evaluasi dengan institusi terkait

 

1 x 1 x 1 x 1 x 1 x
      Bertambahnya kegiatan kerjasama minimal 1 per 2 tahun

 

1 x 1 x 1 x 1 x 1 x

 

 

No.

 

Sasaran strategis

 

Program strategis

 

Indikator kinerja

Tahun pelaksanaan  
2013-2014 2014-2015 2015-2016 2016-2017 2017-2018  
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)  
  H.  Pengembangan program profesi dan pascasarjana
1. Terwujudnya program pascasarjana (S2) Kebidanan Pengembangan  pendidikan program pascasarjana Kebidanan Persiapan terlaksananya program S2 Kebidanan     50% 75% 100%
2 Terwujudnya program studi Profesi Kebidanan Pengembangan  pendidikan program pascasarjana Kebidanan Persiapan terlaksananya program Profesi Kebidanan     50% 75% 100%
3 Terwujudnya program studi Profesi NERS Pengembangan  pendidikan program studi NERS Persiapan terlaksananya program studi NERS

 

    50% 75% 100%

Comments are closed.