You are currently viewing HIMA FIKES Gelar Pelatihan dan Publikasi Artikel Ilmiah

HIMA FIKES Gelar Pelatihan dan Publikasi Artikel Ilmiah

Jakarta – Kolaborasi dari HIMAKEP dan HIMAKEB Fikes Unas selenggarakan kegiatan pelatihan dan publikasi artikel ilmiah pada 14 April 2022 secara online.

Pelatihan dan Publikasi terkait Artikel Ilmiah dilaksanakan Pada 14 April 2022 menggunakan aplikasi zoom meeting yang diikuti oleh 102 peserta yang berasal dari beberapa universitas. Adapun kegiatan ini merupakan kolaborasi dari Himpunan Mahasiswa Keperawatan (Himakep) dan Himpunan Mahasiswa Kebidanan (Himakeb) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional.

Maskul Aji, Mahasiswa Keperawatan Fikes Unas semester 4 didapuk sebagai ketua pelaksana, Ia menyampaikan kegiatan ini bertujuan agar dapat melatih dan meningkatkan kemampuan mahasiswa khususnya dalam melaksanakan publikasi. “Publikasi merupakan salah satu pilihan bagi mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan tugas akhir kita, selain di presentasikan saat sidang skripsi, kita diperbolehkan untuk melakukan verifikasi jurnal kepada para penguji sidang akhir” terang Aji.

“Sehingga rasanya kita membutuhkan pengetahuan lebih terkait dengan publikasi jurnal mengingat banyaknya mahasiswa yang tertarik dalam publikasi dan diharapkan nantinya agar lebih banyak lagi mahasiswa FIKES UNAS yang melakukan publikasi” tambahnya.

Pemateri dari kegiatan ini adalah seorang dosen di Fakultas Ilmu Kesehatan dan sekaligus peneliti yang sudah memiliki artikel ilmiah yang dipublish di jurnal terindeks scopus, Ns. Dayan Hisni, S.Kep., MNS. Dalam kesempatan ini, ia menjelaskan artikel ilmiah merupakan sebuah karya tulis yang dirancang untuk dimuat pada jurnal atau buku dan kumpulan artikel yang ditulis berdasarkan kaidah yang berlaku. “Bagian dari karya ilmiah yang saudara tulis ini jika mengikuti kaidah dalam penulisan ilmiah bisa dipublikasikan pada jurnal, buku, majalah maupun buletin” Jelas Dayan.

Peserta kegiatan terlihat antusias terlihat dari munculnya beberapa pertanyaan dari para peserta salah satunya bagaimana solusi bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan Id Scopus. “Siapapun termasuk mahasiswa boleh atau bisa mempublikasikan artikel mereka di jurnal yang berada pada pusat data scopus dengan membuat akun atau create account” jelas Dayan. (FMD)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.