You are currently viewing Ucap Janji Profesi Kemitraan, 91 Mahasiswa Profesi Ners dan Profesi Kebidanan Siap Melayani Masyarakat

Ucap Janji Profesi Kemitraan, 91 Mahasiswa Profesi Ners dan Profesi Kebidanan Siap Melayani Masyarakat

Jakarta (UNAS) – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional kembali menggelar kegiatan Ucap Janji bagi mahasiswa Profesi Ners dan Profesi kebidanan yang telah selesai menempuh masa studinya pada Sabtu (26/3) secara hybrid di Menara UNAS. Dengan total sebanyak 41 mahasiswa Profesi Ners dan 50 Mahasiswa Profesi Kebidanan berikrar untuk bertanggung jawab dalam menjalankan kode etik pekerjaannya selama praktik.

Dalam sambutannya, Kaprodi Profesi Keperawatan Ns. Naziyah, S.Kep., M.Kep., menyampaikan bahwa angkat janji kepaniteraan ini merupakan prasyarat sebelum memasuki wahana praktik dan mekanisme praktik profesi ners akan dilakukan secara full onsite. “Ucap janji kemitraan dilakukan mahasiswa sebelum melakukan praktik dan seluruh mahasiswa profesi ners telah memenuhi tahapan sarjana dan semua praktik akan dilakukan secara full onsite di Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Jiwa, Puskesmas dan tempat- tempat layanan kesehatan lainnya,” terang Naziyah.

Sementara itu, Kaprodi Profesi Kebidanan Sri Dinengsih, S.Si.T., M.Kes menjelaskan dengan adanya ucap janji berharap mahasiswa bisa memegang dan menjunjung kode etik profesi Kebidanan dan almamater Universitas Nasional. “Berharap agar mahasiswa terus memegang kode etik dan profesi bidan akan melewati 13 stase klinik yang dibagi ke dalam dua semester.  Enam stase di semester satu dan tujuh stase di semester dua. Sehingga mereka membutuhkan pemantauan, pendampingan dan bimbingan selama mereka (mahasiswa) menjalani stase profesinya,” ujarnya.

Ucap Janji kemitraan Profesi Ners dan Profesi Kebidanan ditemani oleh rohaniwan Dr. Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si untuk yang beragama Islam dan Pendeta Meranata C Tuankota, STH untuk agama Kristen.

Disisi lain, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr. Retno Widowati, M.Si., juga berharap, setelah praktik nantinya para mahasiswa dapat menjadi perawat handal dan bisa berkompetisi dan terus memegang tata nilai FIKES. “dengan janji yang kalian ucapkan untuk tetap memegang tata nilai FIKES yaitu Fokus, Integritas, Kreatif, Empati dan Santun, dengan demikian ketika sudah lulus maupun sedang praktik ini tetap dijaga,” tuturnya dalam sambungan Zoom.

Turut hadir dalam acara, Ketua DPD PPNI Jakarta Selatan Ns. Iwan S.Kep, Ketua PD IBI DKI Jakarta Selatan Sri Indiah, SST., M.M dan dilanjutkan penyerahan secara simbolis mahasiswa profesi ners kepada Rumah Sakit Pasar Rebo yang diwakili oleh Ns. Romlah Anasafitri, S.Kep dan mahasiswa profesi kebidanan kepada Rumah Sakit Mintoharjo yang diwakili oleh Risma Ida Butar Butar, S.Tkeb. (*TIN)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.