You are currently viewing FIKES Unas Kembali Laksanakan OSCE Bagi Mahasiswi Pendidikan Profesi Bidan

FIKES Unas Kembali Laksanakan OSCE Bagi Mahasiswi Pendidikan Profesi Bidan

Jakarta (Unas) – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional (Fikes Unas) kembali laksanakan Objective Structure Clinical Examination (OSCE ) pada Jumat (18/3/2022). Ujian diadakan untuk menguji keterampilan klinis mahasiswi pendidikan profesi bidan tingkat akhir angkatan II.

Dosen Fikes Febry Mutiariami Dahlan, S.ST., M.Keb., mengatakan bahwa uji keterampilan klinis ini dilaksanakan sebagai syarat mahasiswi mengikuti sidang akhir.

OSCE sendiri merupakan bagian dari sistem assesment dengan tujuan untuk menilai kompetensi dan keterampilan klinis mahasiswa secara objektif dan terstruktur, untuk menilai komponen kompetensi klinik.

Sebagai penguji, kegiatan ini melibatkan para dosen di program studi pendidikan profesi bidan dan pembimbing lahan.

Ketua KOC Ibu Dr. Triana Indrayani, SST., M.Kes. mengatakan bahwa dalam pelaksanaan ujian ini, ada lima stase yg diujikan yaitu (1) Asuhan kebidanan pada kehamilan, (2) Asuhan kebidanan pada persalinan, (3) Asuhan kebidanan pada masa nifas, (4) KB dan pelayanan kontrasepsi dan (5) Asuhan kebidanan pada bayi baru lahir.

Lamanya waktu uji masing-masing station OSCE mengacu pada kompleksitas keterampilan yang akan diuji dan nilai reliabilitas yang diharapkan. Lama waktu tersebut adalah di setiap station OSCE 15 menit dengan rincian: 1 menit membaca soal, 1 menit untuk masuk kedalam station, 12 menit untuk melaksanakan ujian dan 1 menit untuk perpindahan station.

Station uji ini adalah semua stase yang telah diikuti oleh semua mahasiswa dalam masa perkuliahan. Sebelum mengikuti OSCE ini, mahasiswi telah mengikuti uji kompetensi Computer Based Test (CBT).

Kegiatan yang diikuti oleh 16 peserta mahasiswi dari pendidikan profesi bidan ini dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama diikuti oleh 10 mahasiswi sedangkan untuk sesi kedua diikuti oleh enam mahasiswi. (*DMS)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.