You are currently viewing Visiting Study and Team Building, Bali 23-25 November 2021

Visiting Study and Team Building, Bali 23-25 November 2021

Jakarta – Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional (Unas) laksanakan Visiting Study pada 23-25 November 2021 di Bali.

Sebagai salah satu bentuk peningkatan kemampuan dosen dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dilakukan sebuah kegiatan yang dapat menunjang proses kinerja dosen Fakultas Ilmu Kesehatan. Dekan FIKES UNAS, Dr. Retno Widowati, M.Si mengatakan kegiatan ini adalah study banding dan sekaligus membentuk tim building dosen FIKES yang merupakan program rutin dari FIKES UNAS. Study Banding FIKES tahun 2021 kali ini dilaksanakan di Bali tepatnya di Praktik Mandiri Perawat Dharma Mulia Care “Perawatan Luka, Stoma dan Kontinensia”  dan Yayasan Bumi Sehat, sedangkan Tim Building dilakukan pada beberapa tempat wisata di Bali seperti Bedugul dan Tanah Lot.

“Dengan dilaksanakannya Study banding dan Tim Building ini diharapkan akan tercapainya keinginan Fakultas Ilmu Kesehatan dalam membuka Klinik Perawatan Luka dan Klinik Bersalin di Universitas Nasional” ujarnya.

“Study Banding dan tim building dilaksanakan pada tanggan 23-25 November 2021 yang diikuti oleh 29 orang Dosen FIKES UNAS” ujar Ns. Aisyiah, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom Ketua Pelaksana Kegiatan. Studi banding yang dilakukan ke tempat praktik mandiri dan klinik bersalin Yayasan Bumi Sehat sebagai salah satu tempat yang sesuai dengan visi keilmuan agar dapat meningkatkan pemahaman dosen terhadap mekanisme pelayanan dan perawatan luka dalam konsep layanan klinik seperti gentle birth serta memperkuat rasa kebersamaan dan kekompakan antar sesama dosen.

Kunjungan pertama yang didatangi adalah Praktik Mandiri Perawat Dharma Mulia Care “Perawatan Luka, Stoma dan Kontinensia”. Saat tiba ditempat pertama, dosen FIKES langsung disambut oleh pemilik Praktik Mandiri Perawat Dharma Mulia Care yaitu  Ns. I Made Sukma Wijaya, S.Kep., M.Kep., WOC(ET)N. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan pengalamannya mengenai bagaimana cara mengelola praktik mandiri perawat miliknya yang telah didirikan sejak tahun 2010. “We Care with Love and Spirituality” adalah moto yang beliau tanamkan dalam menjalankan praktik mandirinya. “Pada kesempatan tersebut, beliau juga berbagi pengalaman mengenai proses pendirian dan perizinan praktik mandiri, pengelolaan dan manajemen klinik sampai kepada metode perawatan luka yang dilakukan di klinik tersebut.

Selanjutnya dosen FIKES dalam melakukan study banding adalah Yayasan Bumi Sehat. Yayasan bumi sehat memiliki misi yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup dan mendorong perdamaian. Kunjungan berlanjut ke beberapa tempat wisata di Bedugul dan Tanah Lot Bali untuk melakukan tim building. Tim building FIKES UNAS diharapkan dapat mempererat dan menambahkan rasa kekompakan dan persaudaraan antara sesama dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan.(FMD)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.