You are currently viewing Capping Day Mahasiswa Bidan dari 2 Prodi Fikes UNAS

Capping Day Mahasiswa Bidan dari 2 Prodi Fikes UNAS

Jakarta, 20 Maret 2021 – Prodi Kebidanan Program Sarjana Terapan dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional kembali melakukan acara capping day secara virtual.

Prodi Kebidanan Program Sarjana Terapan dan Pendidikan Profesi Bidan kembali melaksanakan kegiatan Capping Day Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 secara virtual. Prosesi Capping day atau Ucap Janji Profesi ini merupakan salah satu syarat untuk melaksanakan praktek lapangan, yang diharapkan melalui pengucapan janji ini mahasiswi kebidanan dapat memaknainya sebelum turun ke lapangan, sehingga dapat memupuk jiwa kemandirian, kerjasama, kepedulian terhadap sesama serta mempunyai tanggung jawab moral terhadap profesi yang diemban.

Kegiatan ini dihadiri oleh para tamu dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yakni Wakil Ketua I PD IBI DKI Jakarta, Ibu Sri Danarti, Am.Keb, SKM; Ketua PC IBI Jakarta Selatan, Ibu Nurainih, SST., M.Kes., MH; Wakil Ketua II PC IBI Jakarta Selatan, Ibu Resti Damanik, S.SiT., M.MKes; Sekretaris PC IBI Jakarta Selatan, Ibu Eti Nurbaiti Hasanah Amd. Keb; turut hadir juga dari Fakultas Ilmu Kesehatan Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi dan Civitas Akademika kedua prodi, serta para orang tua atau wali mahasiswa.

Capping day periode ini di ketuai oleh Ibu Yenny Aulia, SST, M.Keb. Kegiatan ini diikuti oleh 11 Mahasiswa Kebidanan Program Sarjana Terapan dan 25 Mahasiswa Pendidikan Profesi Bidan. “Diharapkan mahasiwa agar dapat menanamkan niat suci yang dibacakan dalam ucap janji nanti” tutur Yenny. Pada ucap janji ini dilakukan pemasangan nametag oleh orangtua atau wali mahasiswa, serta pembacaan dan penandatanganan naskah ucap janji oleh mahasiswa, Ketua Prodi dan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unas.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Ibu Dr. Retno Widowati, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bangga  kepada calon bidan professional yang nantinya akan menjadi penyelamat wanita di mayapada. “Saya berharap mahasiswa dapat melaksanakan pelayanan dalam bidang kebidanan, memahami dan menyadari hakikat tanggung jawab sesuai dengan janji yang sudah di ucapkan, serta memelihara kedisiplinan dalam menjalankan tugas sebagai calon bidan professional”, Kata Retno.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua I IBI DKI Jakarta, Ibu Sri Danarti, Am.Keb, SKM untuk memberikan sambutan. “Prosesi ini bermakna mahasiswa sah untuk melakukan praktik klinik kebidanan di tatanan pelayanan kesehatan yang nyata” tutur Danarti. Mahasiswa harus memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, sikap dan etika serta kode etik bidan dalam praktik nyata di lahan secara professional. “Sebagai bidan harus memegang teguh rahasia pasien dan rahasia jabatan, menghargai dan menghormati hak pasien, serta mengutamakan kepentingan klien diatas kepentingan pribadi” tambah Danarti. (*FMD)

Nb : Vidio Kegiatan (link youtube)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.