You are currently viewing Bawa ASIX dengan KURSI BIRU, Mahasiswa Profesi Bidan Laksanakan Pengabdian Masyarakat

Bawa ASIX dengan KURSI BIRU, Mahasiswa Profesi Bidan Laksanakan Pengabdian Masyarakat

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional Angkatan 4 pada Sabtu, 19 November 2022.

Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemauan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Dengan kata lain bahwa masyarakat diharapkan mampu berperan sebagai pelaku dalam pembangunan kesehatan dalam menjaga, memelihara, dan meningkatkan derajat kesehatannya sendiri, serta berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya, selain itu juga meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Perilaku Hidup Besih dan Sehat (PHBS).

Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) merupakan rangkaian kegiatan masyarakat yang dilaksanakan atas dasar gotong royong dan swadaya dalam rangka menolong diri sendiri dalam memecahkan masalah untuk memenuhi kebutuhannya di bidang kesehatan dan di bidang lain yang berkaitan agar mampu mencapai kehidupan sehat sejahtera.

Ketua Prodi Pendidikan Profesi Bidan, Sri Dinengsih, SST., Bdn., M.Kes mengatakan Sebagai institusi pendidikan profesi di bidang kesehatan, maka kita harus ikut berperan aktif dalam mewujudkan visi pembangunan kesehatan ini. “Kami ikut berpartisipasi dengan melakukan praktik kebidanan komunitas di Bekasi” ujar Dini.

Stase Komunitas ini merupakan bagian stase yang harus mahasiswa tempuh dalam pendidikan profesi bidan. Pengabdian yang dilakukan oleh Tim ASIX salah satunya, dengan mengosong tema “Ayo Sukseskan ASI Eklusif dengan KURSI BIRU (Kursus Singkat Ibu Menyusui Baru)”. Pengabdian ini dilakukan pada Sabtu 19 November 2022 di RW 03 Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (*FMD)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.