Kuliah Pakar Tentang Strategi konseling dan kelayakan Klien ber-KB Sebagai Keterampilan Klinik Profesi Bidan

Pendidikan Profesi Bidan laksanakan Kuliah Pakar Stase Keluarga Berencana bersama Ratna Chairani, S.ST., M.Kes.

Demi mendukung pelaksanaan peningkatan kualitas kompetensi pelayanan kontrasepsi para mahasiswa, Program studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional menyelenggarakan Kuliah tamu dengan mengundang pakar kebidanan di bidang kontrasepsi  yang di selenggarakan sebelum stase KB dan pelayanan kontrasepsi dimulai.

Ketua Prodi Pendidikan Profesi Bidan, Sri Dinengsih, S.SiT., M.Kes menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk mengembangkan keterampilan profesi bidan dalam melakukan konseling dalam pengambilan keputusan ber-KB. “Agar mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan klinis profesi bidan untuk kepesertaan ber-KB dan menurunkan putus pakai penggunaan kontrasepsi” ujar Dini.

“Selain itu, setelah kegiatan ini mahasiswa profesi bidan ini bisa melakukan manajemen pelayanan kontrasepsi dan KB yang berkualitas berdasarkan rekomendasi berbasis bukti nantinya” tambah Dini.

Pelaksanaan kuliah tamu ini diberikan kepada mahasiswa Pendidikan Profesi Bidan pada Hari Senin, 21 April 2021 menggunakan aplikasi zoom dengan narasumber Ratna Chairani, SST., MKes.

Dalam kesempatan yang sama Ratna menyampaikan proses konseling KB harus dimulai dengan menyajikan dan mengucapkan salam terhadap klien secara terbuka dan sopan. “Dalam sapaan dan salam ini, jangan lupa untuk menyatakan secara eksplisit mengenai kerahasiaan data klien yang terjamin dalam proses konseling KB” ujarnya.

“Jangan lupa Prinsip Konseling KB adalah SATU TUJU yaitu sapa dan salam, Tanya, Uraikan, Bantu, Jelaskan secara lengkap bagaimana menggunakan kontrasepsi pilihannya, dan Perlunya dilakukannya kunjungan ulang” tambah Ratna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.