Berkat Daun Binahong, Mahasiswa FIKES Berhasil Mengukir Prestasi di Tingkat Nasional

Jakarta (UNAS) –  Mahasiswa Universitas Nasional kembali berprestasi di tingkat nasional dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Keperawatan Nasional (Pilketannas) 2020 yang dihelat oleh Universitas Tanjung Pura. Adalah Afifah Nadidah dan Jeany Velisya Lenahatu mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Keperawatan yang berhasil meraih juara tiga dalam kategori lomba poster ilmiah.

Dalam keterangannya, Afifah Nadidah mengatakan poster ilmiah yang Ia buat mengangkat tentang manfaat daun binahong bagi kesehatan. “Saya memilih daun binahong sebagai tema poster ilmiah karena selain mudah ditanam oleh semua orang, daun binahong juga memiliki berbagai manfaat yang bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan atau pencegahan berbagai penyakit,” kata Afifah saat di hubungi tim Humas Unas, di Jakarta, pada Kamis, (23/7).

Pada Pilketannas 2020 ini, Afifah dan Velisya mengikuti dua kategori lomba yaitu kategori karya tulis ilmiah dan kategori poster ilmiah dengan sama-sama mengangkat manfaat daun binahong. “Kesulitannya sebenernya sih dalam membuat Karya Tulis Ilmiahnya, mas. Soalnya kan posternya berdasarkan karya tulis ilmiah yang juga diikutkan lomba. Jadi bener-bener harus di research mendalam tentang penelitian-penelitian sebelumnya yang membahas tentang daun binahong. Tapi kebetulan karya tulis ilmiah nya justru ga lolos, malah posternya yang lolos,” ujar Afifah.

Di akhir pernyataannya, Afifah memberikan pesan kepada mahasiswa Universitas Nasional. “Jangan pernah menyerah sama keadaan. Terus gali potensi diri. Kesempatan untuk berprestasi banyak banget, tinggal bagaimana diri kita untuk terus melangkah,” tutur mahasiswa fikes angkatan 2018 itu.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Ns. Dayan Hisni, S.Kep., M.N.S. merasa bangga atas prestasi yang diraih dua mahasiswa program studi keperawatan di tingkat Nasional. “Saya bangga sama mereka karena telah mampu mengharumkan nama prodi keperawatan Unas di kancah nasional melalui perlombaan poster ilmiah tingkat nasional,” ucapnya.

Ia pun berharap agar para mahasiswa jangan merasa puas setelah pencapaian yang telah diraih dan terus menggali potensi diri. “Harapan saya adalah agar mahasiswa jangan merasa puas atas pencapaiannya meskipun sudah sangat bagus harus perlu ditingkatkan lagi untuk lomba berikutnya karena saya yakin potensi mahasiswa keperawatan Unas sangat baik,” tambah Dayan. (*DMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.