FIKES Studi Banding ke Chatolic University of Daegu, Korea Selatan

Jakarta (UNAS) – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional (Fikes Unas) melakukan kunjungan studi ke Chatolic University of Daegu, Korea Selatan (7/10). Kunjungan ini bertujuan untuk dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

Pada studi banding ini, Fikes Unas diterima langsung oleh Dekan College of Nursing Prof. Koo Hyunyoung, R.N, Ph.D. Prof. Koo menyampaikan apresiasi yang baik kepada Fikes Unas yang telah mengunjungi Catholic University of Daegu College of Nursing dalam rangka visiting study. Ia juga menyarankan agar pertemuan ini bisa berlanjut kepada kegiatan-kegiatan yang ilmiah seperti conference dan joint research.

Dalam sambutannya, Dekan Fikes Unas Dr. Retno Widowati, M.Si menyampaikan terimakasih atas sambutan yang baik oleh Catholic University of Daegu College of Nursing. Retno berharap kegiatan ini dapat menghasilkan MoU antara Catholic University of Daegu College of Nursing dengan Fikes Unas khususnya untuk Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kerjasama serta joint research maupun visiting lecture di kemudian harinya.

Kegiatan visiting study ini terdiri dari beberapa kegiatan yaitu presentasi dari Catholic University of Daegu College of Nursing,presentasi dari Fikes Unas, diskusi dan tanya jawab, university tour, dan hospital tour.

Pada kegiatan University tour, rombongan Fikes Unas diperlihatkan berbagai fasilitas yang dimiliki Catholic University of Daegu. Catholic University of Daegusendiri sudah memiliki Rumah Sakit yang dijadikan sebagai tempat praktik bagi mahasiswa kedokteran dan keperawatan. Sedangkan, pada hospital tour, para dosen Fikes Unas diajak melihat bagaimana pelayanan dari paramedis di rumah sakit. Para rombongan juga diperlihatkan pelayanan khusus bagi ibu bersalin, seperti paket perawatan selama 2 bulan, perawatan secara secara holistik, dan massage treatment.

Sebagai universitas penelitian swasta yang dikenal karena kekuatan akademisnya, terutama di bidang kedokteran, farmasi, dan ilmu kesehatan, Chatolic University of Daegu di nilai tepat sebagai tempat untuk melakukan studi banding bagi Fikes Unas. Selain itu, di Chatolic University of Daegu memiliki program studi S1 Keperawatan di College of Nursing.

Dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, Catholic University of Daegu College of Nursing berfokus dan disesuaikan kepada visi dan misi. Beberapa topik riset yang sedang dikembangkan dengan pesat adalah paliative caremedical surgicaldan end of life care.

Acara visiting study diakhiri dengan foto bersama dan saling memberikan kenang-kenangan yang diberikan oleh Dekan Fikes Unas Dr. Retno Widowati, M.Si dan Dekan Catholic University of Daegu College of Nursing Prof. Koo Hyunyoung, R.N, Ph.D.

Visiting study ini, diikuti oleh Dekan Fikes Unas Dr. Retno Widowati, M.Si, Wakil Dekan Rukmaini, SST., M.Keb., Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Ns. Dayan Hisni, S.Kep., M.N.S, Sekretaris Program Studi Kebidanan Jenny Anna Siauta, S.ST., M.Keb, Kepala Laboratorium Keperawatan Ns. Naziyah, S.Kep., M.Kep, Kepala Pusat Data dan Informasi Shinta Novelia, S.S.T.., M.N.S. dan para dosen di lingkungan Fikes Unas. (*DMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.