Fikes Study Banding ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Brawijaya

Studi Banding Adalah Salah Satu Kegiatan yang Menjadi Agenda Rutin di Fakultas Ilmu Kesehatan

Program Studi yang menjadi pembanding adalah Program Studi yang dianggap memiliki kredibilitas yang lebih baik khususnya terhadap Program Studi yang bersangkutan yang dibuktikan dengan pencapaian akreditasi unggul. Hal ini dapat dinilai dari lama berdirinya Program Studi yang bersangkutan, kualitas lulusan (alumni), sarana dan prasarana perkuliahan, dan memiliki jaringan (link) yang baik sehingga memungkinkan alumninya untuk dapat diterima di dunia kerja. Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Program Studi Kebidanan Universitas Brawijaya adalah tujuan kegiatan study banding pada tahun ini.

Tujuan dari kegiatan ini antara lain

  • Mengetahui lebih mendalam mengenai kegiatan akademik di Program Studi Ilmu Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Yogyakarta serta Program Studi Kebidanan Universitas Brawijaya Malang, dan sarana dan prasarana yang dibutuhkan mahasiswa dan dosen dalam kegiatan belajar
  • Membuka jaringan baru (link) yang dapat membantu terciptanya kerja sama antar Fakultas

Kegiatan study banding dilaksanakan pada tanggal 2-4 Mei 2018 di Program Studi Ilmu Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,  Program Studi Profesi Kebidanan dan Program Study Magister Keebidanan , Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Peserta kegiatan ini adalah dosen fikes dengan jumlah 21 orang.

Hasil Kegiatan

Studi Banding telah dilaksanakan dengan baik dan lancar sesuai rencana, dan menghasilkan kesepakatan, diantarnya akan dibuat Perjanjian Kerjasama antara Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  dan Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Nasional tentang Penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggidan Pertukaran Mahasiswa.

Kegiatan Studi Banding yang dilakukan juga sangat menambah wawasan dan pengetahuan, karena banyak informasi yang didapat baik dari Program Studi Ilmu Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Yogyakarta maupun Program Studi Profesi serta Program Studi Magister Kebidanan, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Kedua belah pihak sangat antusias dalam berbagi informasi terkait penerapan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.