FIKES UNAS Mulai Pengabdian Masyarakat dari Lingkungan Terdekat

Bakti sosial ini sengaja dimulai dari lingkungan terdekat kampus, agar nantinya ada hubungan yang baik antara warga dan masyarakat kampus sendiri.

Jakarta (UNAS) – Mahasiswa, sebagai salah satu elemen penting dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, salah satunya yaitu pengabdian kepada masyarakat, rupanya memiliki cara masing – masing yang menarik untuk mewujudkannya. Contohnya saja apa yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional. Dalam kegiatannya, mahasiswa FIKES Unas memilih untuk mengawali pengabdian kepada masyarakat dengan warga terdekat dilingkungan kampus.

“Kegiatan yang terangkum dalam bakti sosial ini memang sengaja kami mulai dari lingkungan terdekat kampus, agar nantinya ada hubungan yang baik antara warga dan masyarakat kampus sendiri. Bekerjasama dengan Rukun Warga(RW) dan Rukun Tetangga(RT) setempat, Alhamdulillah kami sukses menggelar penyuluhan, pemeriksaan dan promosi kesehatan secara cuma – cuma pada warga,” papar ketua pelaksana kegiatan, Della Angraeni saat ditemui di ruang UPT Marketing & Public Relations Unas, Senin (14/1).

Lebih lanjut, Bendahara Umum Badan Pengurus Harian (BPH) FIKES Unas, Gede Pronajaya memaparkan program pemeriksaan kesehatan yang dilakukan kepada 70 warga di Jl. Bima Jaya RT 004/RW 002, Pasar Minggu – Jakarta Selatan pada Sabtu (12/1) lalu merupakan salah satu bagian dari kurikulum perkuliahan. “Kita lakukan tensi darah gratis, penyuluhan terhadap pentingnya kesehatan serta menerima berbagai keluhan kesehatan yang sedang dialami oleh warga dan respon mereka luar biasa sangat baik bahkan warga sekitar berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin tiap bulannya,” imbuh Gede.

Diakui Gede, pemberian tensi darah secara cuma – cuma kepada warga memang bukan sesuatu hal yang luar biasa. Namun demikian, justru dari hasil tensi tersebut berbagai macam penyakit akan dapat terdeteksi sedini mungkin. “Tensi darah memang kelihatannya sepele, tapi dampak dari hasil pengecekannya itu yang sangat luar biasa. Banyak gejala – gejala penyakit yang dapat terdeteksi dari tensi darah ini, jadi sangat berguna bagi warga,” pungkas Gede.

Tidak berhenti sampai disitu, untuk membuka wawasan dan kesadaran setiap orang tentang arti penting kesehatan bagi kehidupan manusia, dalam waktu dekat mahasiswa FIKES Unas pun akan menggelar kembali program penyuluhan, pemeriksaan kesehatan, dan donor darah gratis kepada seluruh sivitas akademika Unas. “Sekitar bulan Mei untuk memperingati Hari Tembakau kita ingin adakan hari stop merokok satu hari, dan pada Maret depan kita juga ingin selenggarakan lagi pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan seluruh sivitas akademika Unas,” jelas Della.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *