FIKES UNAS Berbagi Kasih dengan Warga Cilember

Daya tarik warga yang cukup tinggi terhadap pentingnya kesehatan, justru menggenjot semangat peserta untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Jakarta (UNAS) – Melaksanakan Tridharma Perguruan Tingi bukan hanya menjadi tanggung jawab dosen, tapi juga mahasiswa. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya, salah satuya adalah yang dilakukan oleh Senat mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional melalui penyelenggaraan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi (LDKO) di daerah Cilember, Bogor.

“LDKO ini merupakan kali kedua yang kami adakan, berbeda dengan tahun lalu, pada kesempatan ini kami mengkolaborasikan dua dari tiga tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Kami berbagi dan mendatangi tiap – tiap penduduk kampung untuk lebih menyadari arti penting kesehatan bagi kehidupan mereka,” papar Ketua Senat Mahasiswa FIKES Unas, Yusdin Rahmad saat ditemui di ruang UPT Marketing & Public Relations Universitas Nasional, Kamis (27/12).

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) SEMA FIKES UNAS, Tiara Eka Shantika menjelaskan bahwa dalam LDKO tahun ini, panitia tidak hanya bertujuan untuk melatih kemampuan berorganisasi yang baik bagi seluruh peserta, tapi juga mendorong serta memotivasi mereka untuk berbagi pengetahuan dan bersosialisasi dengan warga sekitar. “Kita adakan cek tensi darah secara gratis dari rumah ke rumah, sekaligus kita paparkan pengetahuan kesehatan yang mendasar namun penting bagi keseharian warga disana, Alhamdulillah respon mereka sangat baik,” ujar mahasiswi yang saat menempuh studi pada program Ilmu Kebidanan.

Hal menarik lain pada LDKO yang diselenggarakan pada 22 – 23 Desember 2012 lalu di Cilember Bogor ini adalah daya tarik warga yang cukup tinggi terhadap pentingnya kesehatan, justru menggenjot semangat peserta untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut. “Awalnya kita datangi 50 rumah warga satu per satu, tak lama dari itu justru warga lain ikut berdatangan secara beramai – ramai ke tempat kami untuk mendapatkan pengetahuan dan pemeriksaan gratis yang sama. Jujur saja kami senang, tapi cukup prihatin juga karena puskesmas dan rumah sakit disana jaraknya terbilang sangat jauh,” imbuh Tiara.

Disisi lain, Senat Mahasiswa FIKES Unas berharap penyelenggaraan LDKO nantinya dapat terus menjadi salah satu sarana bagi mahasiswa untuk mewujudkan tridharma perguruan tinggi, tidak hanya pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat, mereka pun berharap ditahun berikutnya dapat melakukan penelitian di bidang kesehatan dan lingkungan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *